Iklan Anda dapat berada di sini!

Ketika saya menghadiri akhir pekan NBA All-Star di Toronto Februari lalu, putri saya meminta saya untuk membawanya pulang ke rumah sweter.

Saya secara bertanggung jawab mengambil jersey replika Dwyane Wade untuknya. Ketika saya melakukannya, saya melihat sesuatu yang belum pernah saya lihat pada kemeja NBA sebelumnya: logo kecil untuk Kia Motors Corporation. Tambalan itu mencerminkan seragam All-Star yang dikenakan para pemain, menjadikan langkah pertama untuk beriklan di seragam olahraga.

Yah, dalam kompetisi pria profesional Amerika dalam olahraga tim besar, setidaknya. Pemasaran semacam ini sudah dikenal oleh penggemar olahraga motor, mulai dari Formula 1 hingga NASCAR, di mana pengemudi dan kendaraan mereka telah menjadi hotline selama bertahun-tahun. Penggemar sepak bola, apakah tim mereka berbasis di Amerika atau tidak, digunakan untuk beriklan di sweater; iklan semacam itu menghasilkan ratusan juta dolar pendapatan bagi tim-tim Eropa. Sejak 2011, WNBA telah menjual ruang iklan di sweater untuk mendukung kompetisi yang hanya berjuang dengan kunjungan penggemar untuk menghasilkan keuntungan.

Empat liga olahraga profesional utama untuk pria di AS sejauh ini menjauh dari iklan tersebut. Di masa lalu, kekhawatiran logistik, seperti mendapatkan persetujuan dari pemilik individu dan menghindari konflik dengan sponsor yang ada, telah membuat para pejabat liga khawatir. Untuk waktu yang lama sepertinya tidak ada olahraga yang ingin menjadi yang pertama melewati garis ini.

Sekarang NBA telah mengambil keputusan. Setelah pilot game All-Star, dewan direksi NBA menyetujui program tiga tahun untuk menguji ide tim yang menjual ruang pada sweater untuk logo perusahaan. Program ini dimulai dengan musim 2017-18 dan Philadelphia 76ers telah mengumumkan kemitraan dengan StubHub untuk tahun depan. Sementara NBA melindungi beberapa mitranya, seperti ESPN dan Nike, dari melihat logo pesaing muncul dalam kemeja tim, hampir setiap perusahaan lain yang tidak berdagang dalam perjudian, alkohol atau politik adalah adil.

pendapatan dari iklan semacam itu didistribusikan di antara kompetisi, tim dan distribusi pendapatan yang didistribusikan di antara para pemain itu sendiri. Komisioner NBA Adam Silver mengatakan liga telah menghitung bahwa program ini akan bernilai sekitar $ 100 juta setiap tahun. Dibandingkan dengan total pendapatan NBA, ini akan menjadi bagian yang relatif kecil dari kue. Tetapi persaingan, pemilik tim dan pemain semuanya mencari sumber penghasilan lebih banyak karena bisnis mereka terus berubah. PriceWaterhouseCoopers melaporkan, misalnya, bahwa harga bunga media akan melebihi penjualan tiket pada 2018.

Selama program percontohan, logo akan menjadi kecil: persegi persegi 2,5 inci di bahu kiri. Dengan asumsi bahwa program uji coba berjalan dengan baik, saya berharap bahwa pada akhirnya kami akan melihat beberapa logo di bagian depan dan belakang kaus, mungkin dengan variasi untuk seragam rumah dan seragam. Mengingat jumlah penghasilan yang dihasilkan oleh sponsor jersey untuk liga sepak bola Eropa, sepertinya iklan akan tetap di sini. Saya mengharapkan NFL, MLB, dan NHL, yang semuanya telah menetapkan diri terhadap iklan-iklan di kaos untuk mengikuti, dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Saat saya menemukan di game All-Star, bukan hanya pemain yang akan menjalankan iklan; penggemar juga bisa ikut bermain. Selama program percontohan, tim harus menawarkan kaus tanpa logo kepada penggemar, tetapi mereka juga memiliki opsi untuk juga menjual pakaian yang cocok dengan kemeja yang dikenakan oleh pemain. Tim tidak diragukan lagi akan menentukan pendekatan mereka sendiri saat program berjalan. Misalnya, 76ers mengatakan bahwa kaus yang dijual secara nasional tidak membawa logo StubHub, tetapi kaus dijual di lokasi tim mereka. Bahkan, tim mencoba mengubah sweter dengan iklan menjadi barang kolektor.

CEO 76ers, Scott O & # 39; Neil, mengatakan kepada ESPN: "Kami memiliki pendapat yang sangat kuat bahwa Scottie kecil, [a hypothetical consumer] berusia 9 tahun, akan ingin membawa apa yang dilakukan para pemain di lapangan." ( 1) Teori ini mungkin atau mungkin tidak menjadi kenyataan, tetapi itu bukan tanpa logika. Dengan memberikan kesempatan kepada penggemar untuk menggunakan kaus dengan dan tanpa logo, mereka dapat memilih selama pembelian mereka selama pilot tiga tahun.

Meskipun beberapa penggemar mungkin tidak senang dengan ide tersebut, iklan dan olahraga telah berjalan seiring. Dari pengumuman pemain ke arena yang diberi nama untuk merek, olahraga profesional sudah melibatkan sponsorship, membuat remas tangan potongan-potongan kecil pada baju pemain tampak agak aneh. Dan iklan tidak memiliki pengaruh apa pun pada kinerja pemain atau kualitas permainan, itulah sebabnya mengapa para penggemar datang lebih dulu.

Masalah yang lebih besar bagi para pejabat kompetisi adalah para pemain itu sendiri. Karena para pemain akan mendapat manfaat langsung dalam bentuk kompensasi tambahan, saya berharap sebagian besar dari mereka akan mendukung rencana tersebut. Jika saya salah, pemain memiliki kesempatan untuk mengekspresikan ketidakpuasan mereka. Perjanjian kolektif yang ada antara NBA dan Asosiasi Pemain Basket Nasional tidak berakhir sampai 30 Juni 2021, tetapi masing-masing pihak dapat memilih hingga 15 Desember tahun ini. Jika pemain ingin mengajukan keberatan sebelum musim uji coba, mereka bisa – tetapi tampaknya tidak mungkin mereka akan melakukannya.

Dalam arti tertentu, sweater All-Star putri saya telah menjadi bagian dari sejarah basket. Tetap buka mata di tahun-tahun mendatang untuk melihat kemitraan apa yang ada. Saya tidak akan terkejut melihat lencana Carnival Cruise Line di Miami Heat jersey dalam waktu dekat.

Sumber:

1) ESPN "76ers menjual iklan NBA-jersey pertama"



Source by Shomari D. Hearn