Seni dan ilmu promosi buku – delegasi atau tidak mendelegasikan

Melihat kembali

Saya telah mengusulkan kepada Anda konsep berurusan dengan proyek promosi buku Anda sebagai perusahaan kecil di fase start-up. Kami juga memiliki dasar-dasar dari salah satu alat penting dalam kapitalisasi proses startup bisnis kecil. Dalam artikel ini kita akan membahas delegasi alat kedua, memungkinkan Anda untuk belajar di mana, apa, mengapa dan bagaimana Anda dapat mendelegasikan tugas-tugas tertentu dalam promosi buku.

Delegasi atau tidak mendelegasikan

Dalam sebuah artikel dari delegasi wiraswasta & # 39; & # 39; digambarkan sebagai sesuatu yang mudah dibicarakan tetapi sulit untuk dilakukan:

"… itu keputusan penting, terutama karena beberapa tugas hanya perlu ditangani oleh Anda, tetapi yang lain, yang berharga bagi Anda luangkan waktu, mudah ditangani oleh orang lain. "

Psikolog dan pengusaha organisasi, Dr. ir. David G. Javitch berpendapat bahwa salah satu alasan paling umum mengapa para pengusaha menolak untuk mendelegasikan tugas adalah takut kehilangan kendali atas proyek. Meskipun merupakan mental umum di kalangan pengusaha pemula untuk berpikir bahwa mereka adalah yang terbaik & # 39; atau & # 39; saja & # 39; menjadi orang yang dapat melakukan pekerjaan dengan baik & # 39 ;, alasannya tidak sehat, logis, atau praktis ketika potongan besar waktu, usaha dan uang hilang karena bos tidak ingin melibatkan atau mempercayai orang lain. Delegasi tugas, bagaimanapun, memainkan peran penting dalam operasi bisnis dan harus dipelajari sebelumnya.

Mari kita mulai dengan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat sistem delegasi berfungsi sebagai mesin yang diminyaki untuk mengurangi ide delegasi tugas dalam kegiatan promosi buku Anda. Ada tiga kategori yang perlu dipertimbangkan: hal-hal yang sudah Anda kuasai; hal-hal yang tidak Anda ketahui dan tidak akan pernah tahu cara melakukannya sendiri; dan tidak diketahui di antara keduanya, atau apa yang akan kita sebut kategori "Aku tak tahu". Sayangnya, kategori ketiga itu mengambil sebagian besar foto.

Anda tidak harus menjadi ahli promosi buku untuk mengumpulkan daftar kegiatan atau layanan promosi buku 15 atau 20 yang paling umum; survei Taleist yang disebutkan di atas adalah awal yang baik. Anda dapat membuka situs web sejumlah perusahaan yang menawarkan layanan promosi kepada penulis. Ini juga akan pintar jika Anda mencari perusahaan yang bekerja untuk penerbit tradisional di bidang promosi dan publisitas, karena mereka relatif kompeten, tetapi sayangnya sangat mahal. Anda mungkin menemukan mereka di luar jangkauan, tetapi tujuannya di sini adalah melakukan riset "gerilya" Anda sendiri. Ada juga layanan promosi oleh freelancer yang dapat membantu Anda membangun daftar Anda, meskipun sebagian besar sangat mahal dan jika Anda menyewa freelancer, Anda perlu melakukan lebih banyak penelitian untuk menyelidikinya. Ini tentang mencoba belajar tentang setiap upaya promosi di daftar Anda, tidak peduli betapa bodohnya kedengarannya, jadi Anda tidak menandai. untuk penyedia yang tidak bermoral.

Setelah Anda memiliki daftar, Anda membagi setiap tugas ini ke dalam tiga kelompok yang disebutkan di atas:

• Hal-hal yang dapat saya lakukan

• Hal-hal yang tidak dapat saya lakukan sendiri dengan cara apa pun

• Saya tidak tahu

Tujuannya adalah Anda siap untuk berdiskusi dengan calon profesional yang dapat membantu Anda memulai. Mengetahui apa yang Anda tentang dan memiliki gagasan tentang apa yang Anda inginkan atau hasil yang ingin Anda capai sangat penting. Ada analogi yang menjelaskan tujuan ini dengan baik: Anda dapat pergi ke montir mobil tanpa pengetahuan tentang mobil, dan kemudian melihat uang Anda mengalir tanpa harus menyelesaikan masalah mobil Anda. Atau Anda dapat pergi ke montir mobil yang memiliki setidaknya pengetahuan dasar tentang bagaimana mesin, transmisi, sistem pemuatan, pembuangan, suspensi dan sistem pengereman bekerja dan tidak hanya dapat mengenali pencuri, tetapi juga mengenali nilai terbaik untuk uang dengan jujur. Pada akhirnya sangat penting untuk memiliki setidaknya pendidikan dasar, karena setelah semua ini adalah bisnis Anda, bukan perusahaan dari seseorang yang Anda rekrut.

Dilema ayam dan telur

Di bidang promosi dan pembiayaan, ada dilema untuk ayam dan telur. Anda memiliki anggaran – setidaknya Anda pikir Anda memiliki anggaran. Anda memiliki sasaran penjualan dan oleh karena itu tujuan promosi. Anda perlu membiayai anggaran untuk memenuhi sasaran penjualan Anda, dan Anda harus mencocokkan tujuan penjualan Anda dengan anggaran yang dapat Anda realisasikan.

Aturan pertama: Jangan menghabiskan uang untuk sesuatu yang menempatkan Anda dalam situasi yang buruk. Sejumlah besar perusahaan kecil yang gagal, akan selamat jika mereka dapat membatalkan kesalahan yang mereka buat di tahun pertama mereka, dan dalam kebanyakan kesalahan di tahun pertama mereka terlalu tinggi. Perbedaan antara mereka yang berhasil dan yang gagal biasanya berkaitan dengan seberapa banyak belajar mandiri yang dilakukan seseorang sebelum mengeluarkan nikel pertama. Ketidak sabaran adalah musuhmu. Saya membuat kesalahan ini sendiri dan itu adalah kesalahan yang sangat tidak menyakitkan; hindari itu.

Ayam dan telur: Ketika Anda melakukan pekerjaan rumah Anda, Anda melalui fase di mana Anda memiliki daftar kegiatan promosi yang menurut Anda perlu, dan ketika Anda membuat perkiraan kasar biaya untuk bagian-bagian yang tidak Anda ketahui, biayanya sekitar lima kali lipat dari jumlah yang Anda mampu. Itu normal; jangan berkecil hati. Tahap selanjutnya adalah Anda merampok bank atau memprioritaskan semua upaya promosi yang berbeda dari atas ke bawah. Lihatlah "Saya tidak tahu cara melakukan ini, tetapi mungkin saya bisa mempelajarinya."

Jangan pergi untuk membatasi: Anda mungkin tidak akan menjadi ahli optimisasi mesin pencari SEO kecuali Anda seorang kutu buku berat (kemudian pergi untuk itu). Pilih beberapa layanan dalam daftar Anda dan bacalah (Google) semua artikel yang dapat Anda temukan. Anda segera mulai memahami apakah layanan promosi tertentu ada di daftar & # 39; Saya dapat melakukannya & # 39; atau & # 39; Saya tidak dapat melakukannya & # 39; negara bagian.

Mengganggunya: Pernahkah Anda bermain di ruang kosong? Apakah Anda memberikan pidato ketika tidak ada yang muncul untuk mendengarkan? Apakah Anda memulai karir komedian baru dengan mencoba membuat beberapa kursi kosong (atau si bartender) tertawa? Itu tidak terlalu bagus. Ada kunci untuk promosi buku-buku yang terletak di atas semua faktor lain: Anda membutuhkan banyak audiens sebelum Anda bisa mendapatkan harapan untuk mendapatkan titik impas ketika menjual buku. Untuk menghasilkan keuntungan dalam arah profitabilitas, menginvestasikan kembali keuntungan Anda hanya dalam promosi yang lebih banyak. Kemudian lakukan semuanya lagi untuk judul kedua.

Matematika itu sederhana (dan percayalah, aritmatika berikutnya sangat disederhanakan). Jika setiap minggu 1 di 300 orang di audiens Anda memutuskan untuk membeli buku Anda, dan Anda memiliki audiens 150 pendengar per minggu sebagai penulis, maka Anda akan menjual buku setiap 2 minggu, yang berjumlah 26 buku per tahun. Namun, jika Anda memiliki rasio penjualan yang sama dengan pemirsa 6.000, itu berarti 20 penjualan per minggu atau 1040 buku per tahun. Itu mungkin tidak terdengar banyak, tetapi jika Anda sudah melakukan produksi / distribusi dengan baik, itu berarti $ 3500 dalam royalti, dan itu harus mendekati titik impas.

Alasan saya menyebut ukuran audiens target dalam artikel delegasi adalah ini: jika Anda tidak memiliki sistem yang membangun audiens orang-orang yang mendengarkan Anda, tidak masalah jika Anda melakukan hal lain dengan benar; kamu tidak memiliki apa-apa. Ini harus menjadi kunci Anda ketika Anda mencari ahli di berbagai bagian promosi yang Anda tidak tahu bagaimana melakukannya.

Tanpa Anda (atau cucu Anda) menjadi kutu buku, Anda tidak dapat melakukan SEO sendiri. Anda dapat belajar cara membuat halaman penggemar Facebook atau akun Twitter Anda sendiri (tetapi mungkin sulit bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki tautan, seni, tautan ke situs pelacakan buku, blog yang Anda tulis, atau konten lain yang penting bagi Anda untuk membuat orang terkesan). Anda pasti bisa men-tweet. Anda adalah seorang penulis; Anda dapat menge-tweet lebih baik. Namun, mengelola akun Twitter, dengan semua analisisnya dan kemampuan untuk berakhir dengan audiens yang besar dan penonton yang benar-benar memperhatikan Anda – yang seharusnya baik. Sangat disarankan agar Anda mempekerjakan seorang profesional, setidaknya di tahun pertama. Anda mungkin tidak bisa membuat penggoda video profesional. Anda mungkin dapat mempelajari siaran pers dan sistem distribusi, tetapi Anda harus terlebih dahulu melihat sejumlah versi yang dibuat secara profesional sebelum Anda dapat menggunakannya.

Memilih orang yang tepat

Ada empat karakteristik utama yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih tim Anda dan memutuskan siapa melakukan apa:

• pekerjaan rumah

• integritas

• mengenal diri Anda sendiri

• menjadi penting

Pekerjaan Rumah: Untuk merujuk kembali ke analogi saya sebelumnya, Anda harus mempersiapkan diri untuk "berbicara dengan montir mobil selama 10 menit dan memberinya kesan bahwa Anda mungkin dapat melakukan beberapa hal sendiri dan lakukan dengan baik. "Siapa pun yang memiliki akses ke Google tidak memiliki alasan; ada ahli di mana-mana yang mencoba membuat Anda terkesan dan mencoba untuk mengajarkan Anda hal-hal tentang A, sehingga mereka dapat meningkatkan minat Anda terhadap B dari mereka. Anda dapat memiliki daftar alat dan strategi promosi dan memiliki pengetahuan yang cukup untuk berbicara lima menit – atau semoga lebih lama – tentang masing-masing. Jika Anda tidak bisa, jangan menulis cek sampai Anda bisa.

Integritas: Anda harus memilikinya dan Anda harus dapat mengenalinya di orang lain (lihat analogi mekanis di atas). Pertama, Anda TIDAK harus berbohong kepada para ahli – kandidat untuk tim Anda – selamanya. Tidak ada alasan untuk melakukan ini. Jika Anda berniat melakukan 4 dari 12 artikel promosi sendiri di tahun pertama dan 6 di tahun kedua, mereka perlu tahu itu. Jika Anda mencoba untuk mengajar diri sendiri, sehingga Anda dapat memutuskan apa yang harus didelegasikan dan apa yang harus Anda simpan sendiri, mereka juga harus tahu bahwa (sebenarnya mereka dapat dengan jelas memberi tahu Anda kolom mana yang jatuh di kolom mana). Anda harus memastikan bahwa Anda adalah mitra yang baik, karena itu akan menarik mitra yang baik untuk Anda.

Penulis yang telah mempublikasikan dirinya harus mengakhiri sejumlah perusahaan yang pembohong predator, memiliki pangsa pasar yang besar dan telah menciptakan tingkat sinisme yang beracun bagi banyak penulis. Namun, sinisme beracun itu bodoh dan harus dihindari dengan segala cara. Hanya karena Adolf Hitler berbohong kepada Chamberlain, apakah Jimmy Carter – atau Angela Merkel – tidak membuat ular. Ada survei penulis yang menunjukkan bahwa penulis yang lebih berpengalaman (diukur dengan jumlah buku yang diterbitkan) sering lebih puas dengan layanan yang mereka terima dari penyedia. Para penulis ini cenderung menggunakan penyedia yang memiliki peringkat tertinggi dari kepuasan penulis. Jauhkan mata Anda terbuka untuk penjahat (ada bagian tentang cara melakukannya di artikel selanjutnya dalam seri ini), tetapi tetap buka mata Anda dengan hati yang lembut untuk orang-orang baik dengan menjadi diri sendiri. Anda dapat berhati-hati dengan buku cek Anda dan tetap mempertahankan karakter tinggi dalam hubungan Anda dengan anggota tim kandidat Anda. Itu tidak sulit untuk dilakukan.

Anggota tim Anda juga harus memiliki integritas. Jika Anda tidak memiliki perasaan yang baik tentang penyedia, pergilah. Jika Anda merasa baik, Anda tidak selesai dengan penelitian Anda, tetapi para kandidat itu membuat potongan pertama.

Dengan pengetahuan Anda tentang apa yang mereka lakukan, jika Anda mengajukan pertanyaan terbuka di awal (jangan terlalu banyak menunjukkan pengetahuan Anda pada awalnya), Anda akan dapat menghilangkan kelemahan simpatik (dan tidak aktif). Yang bagus harus memberi Anda ide bahwa mereka melindungi kepentingan Anda. Mereka bisa memberi tahu Anda kabar buruk tentang apa yang Anda lakukan. Waspadalah terhadap mereka yang tidak memiliki kabar buruk. Anda harus dapat memverifikasi kompetensi dan integritas mereka dari sumber yang sepenuhnya independen. Saya akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang ini ketika kita pergi ke pemangsa yang menghindar & # 39; dari artikel berikut.

Mengetahui Diri Sendiri: Jika Anda melihat diri Anda secara pribadi, katakanlah, 5 dari 12 upaya promosi yang Anda dan tim kandidat Anda pikirkan, mereka memvisualisasikannya seolah-olah Anda akan melakukannya setiap minggu, jadi & # 39; n 3 atau 4 kali seminggu – selamanya. Jika hal-hal yang Anda pilih adalah hal-hal yang terdengar menyenangkan dan menarik, jika Anda mencobanya dan menyukainya, Anda mungkin berada di jalur yang benar. Mungkin tidak bijaksana untuk berpikir, saya tidak tahan untuk melakukan ini, tetapi gigi saya akan tergores selama setahun, karena Anda mungkin tidak akan menjadi salah satu burung yang tidak biasa yang benar-benar akan melakukannya. Di arena ini, akan baik untuk bertanya kepada suami, istri, putra, sahabat atau kolega terpercaya Anda atas pendapat mereka tentang A, B dan C. Jika Anda yakin bahwa Anda tahu apa yang Anda suka dan apa yang Anda benci, atau setidaknya apa yang akan dan tidak akan Anda lakukan (atau tidak bisa), Anda dapat berkonsentrasi pada kandidat Anda.

Menjadi Penting: Anda mungkin memerlukan dua penyedia profesional tepercaya, atau mungkin Anda memiliki lima. Beberapa perusahaan mencoba untuk menjadi segalanya bagi semua orang dan gagal, sementara yang lain kadang-kadang cukup baik dalam beberapa hal. Penyedia harus kompeten di semua bidang yang Anda minta dari mereka; tidak ada yang salah dengan bertanya kepada mereka di area mana mereka adalah yang terbaik dan mereka pikir mereka tidak. Namun, ada hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan ketika memilih tim terakhir: semakin banyak bisnis yang Anda berikan, semakin penting Anda bagi mereka. Jika Anda pernah merasa bahwa Anda tidak akan cukup, pergilah. Lebih baik memiliki penyedia yang pandai dalam tiga hal dan bagus dalam dua (asalkan keduanya dapat bertahan hidup, jadi jangan buat itu & # 39; audiens membangun & # 39; sesuatu yang Anda lakukan konsesi dengan. ) daripada memiliki lima perusahaan, masing-masing dengan banyak hal. Anda harus menjadi penting bagi anggota tim Anda, apakah itu uang, reputasi atau hanya karena kepribadian mereka.

Membangun hubungan antara penulis dan penjual melalui kepercayaan dan kejujuran

Anda menginginkan kualitas, profesional, pekerjaan yang dipertimbangkan dengan baik untuk buku Anda. Anda juga ingin mengubah promosi buku Anda menjadi perusahaan yang terjangkau untuk dijalankan secepat mungkin. Akhirnya, Anda ingin penjual yang jujur ​​yang memberi Anda dan membantu Anda dengan hal-hal yang tidak dapat Anda lakukan sendiri dan hal-hal yang tidak Anda yakini. Cara untuk melakukan ini adalah menjadi lebih awal dari awal. Anda memiliki daftar Anda. Anda tahu bagian mana dari daftar yang ingin Anda pelajari. Anda tahu bagian mana yang tidak akan pernah bisa Anda lakukan sama sekali, atau setidaknya tidak tanpa bantuan.

Promosi buku yang dijalankan dengan baik memakan waktu dan mahal. Dalam riset Anda tentang perusahaan, Anda akan melihat penjual yang jujur ​​dan tidak adil yang menawarkan layanan yang sangat mahal atau penuh curiga murah. Di sisi lain, ada juga banyak penulis yang memiliki apa yang Anda rasa sampanye pada anggaran bir & # 39; bisa menelepon.

Beberapa penulis mendekati agen promosi dan freelancer dengan ide bahwa mereka dapat membayar dalam jumlah kecil dan mencapai upaya dan hasil profesional profesional yang hebat. Ini adalah cara yang salah untuk memulai bisnis kecil, terutama karena tidak pernah berhasil. Penyedia kualitas akan mengatakan tidak di awal atau mereka akan menunda proyek Anda setengah jika mereka menemukan bahwa ini adalah niat Anda. Jika Anda memiliki penyedia yang akan datang yang tampaknya mengatakan ya 100% dari waktu, ini karena mereka berencana untuk menggunakan layanan otomatis yang tidak efektif, atau berencana untuk berkomitmen sebagai pelanggan sebelum mereka menambahkan menagih Anda untuk setiap belokan atau menjebak Anda dengan cara yang berbeda, jadi sangat sulit untuk meninggalkannya. Lari dengan cepat.

Bahkan tanpa anggaran tertentu untuk menyediakan layanan jangka panjang, Anda tetap dapat menjadi pelanggan untuk jangka panjang. Apa yang perlu Anda lakukan, bagaimanapun, adalah bahwa Anda dilatih oleh vendor untuk dapat menjalankan beberapa layanan sendiri setelah jangka waktu tertentu sehingga Anda mampu menjadi pelanggan untuk jangka panjang. Beberapa perusahaan berkualitas profesional sangat senang melakukan hal ini. Yang lain memiliki kebijakan menentang pelatihan karena mereka melihatnya sebagai cara untuk belajar dari klien. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan perusahaan berkualitas yang sesuai dengan kejujuran dan keterbukaan Anda dan bersedia bekerja sama dengan Anda. Anda juga dapat berbicara dengan mereka jika Anda yakin bahwa mereka adalah salah satu perusahaan yang ingin Anda bantu dengan "Hal-hal yang tidak Anda ketahui tentang & # 39; dan kategori & # 39; Saya tidak tahu & # 39;. Anda juga dapat meminta mereka untuk membantu Anda menghapus layanan dari daftar Anda yang merupakan ide buruk, mengingat situasi Anda, atau hanya ide-ide buruk secara umum.

Jika Anda juga berada dalam fase ini, Anda akan cukup terlatih untuk membuat awal yang cukup menjanjikan. Anda berbicara dengan perusahaan yang dapat membantu Anda untuk mengetahui bagian dari perusahaan Anda secara mandiri dan untuk membantu Anda dengan bagian lain dari perusahaan Anda di mana mereka memiliki keahlian. Hubungan simbiotik di mana kedua peserta mendapat keuntungan dari satu sama lain: Anda memiliki penjual utama yang dapat Anda percayai dan pemasok memiliki pelanggan untuk jangka panjang. Jika Anda melakukan bagian pertama ini dengan baik, Anda telah membentuk tim yang memiliki peluang bagus untuk membantu Anda memulai promosi buku Anda dan berhasil dengan kampanye pemasaran yang efektif dengan peluang lebih besar dari penjualan yang baik, hasil yang baik, reputasi yang baik atau lebih baik lagi, semua hal itu disebutkan.

Melihat ke depan

Dengan topik delegasi yang dibahas, Anda sekarang siap untuk mempelajari lebih lanjut tentang alat fundamental ketiga ketika memulai perusahaan promosi buku Anda sendiri. Di bagian selanjutnya dari seri Seni dan Sains atau Promosi Buku, kami membahas & # 39; harapan kembalinya & # 39; dan bagaimana prinsip berlaku dan kami berkontribusi pada pemasaran gelar Anda sendiri.



Source by Jonathan Michael Fitch